3315_turunkan_tekanan_darah_dengan_vitamin_c

Tips Tetap Sehat Saat Pergantian Musim

Share Button

Sudah menjadi suatu kondisi yang umum terjadi di masyarakat di negara tropis seperti Indonesia, bahwa setiap kali  pergantian musim, muncul beberapa penyakit musiman seperti flu, diare, batuk dan beberapa penyakit lain.

Munculnya suatu penyakit dalam tubuh kita disebabkan karena ketidak seimbangan dari tiga faktor yaitu Host (tubuh kita), Agent (bibit penyakit) dan Environment (Lingkungan). Pada saat terjadi perubahan musim minimal satu dari ketiga faktor diatas mengalami perubahan, bahkan mungkin dua atau tiga faktor mengalami perubahan sekaligus.

Bagaimana Cara kita Menghadapi Perubahan Musim Agar Tidak Sakit?

  1. Istirahat cukup

Kemampuan tubuh beradaptasi dengan setiap perubahan lingkungan, membuatnya tidak rentan jatuh sakit. Untuk mampu begitu, kita perlu mematuhi prinsip hidup sehat. Jadwal makan dan tidur teratur, ada waktu istirahat, menu seimbang, tidak berlebihan porsi. Di tengah ancaman polusi dan berubahnya cuaca dan musim, yang dapat kita upayakan adalah membantu menciptakan ketahanan tubuh agar lebih tangguh.

  1. Konsumsi Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi makanan yang merupakan peningkat daya tahan tubuh sangat dianjurkan seperti makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi seperti jambu merah, jeruk, papaya, kiwi dsb. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam amino esensial seperti omega 6 dan omega 9 yang terdapat dalam minyak ikian laut dalam.

  1. Olah Raga teratur

Bergerak badan dan berolahraga memungkinkan sistem kekebalan yang terbentuk mampu bekerja optimal. Namun kelebihan beraktivitas fisik juga tidak menyehatkan. Perlu ada batasan dan tidak boleh over-training. Kelebihan radikal bebas yang terjadi karena badan terlalu letih dalam tubuh malah merusak badan. Kanker, sumbatan pembuluh darah, dan kerusakan sel tubuh lainnya terjadi akibat radikal bebas menumpuk dalam tubuh. Antioksidan yang dibuat oleh tubuh tidak mampu menetralkannya

Tubuh juga perlu cukup bergerak agar darah mengalir. Biarkan anak melakukan banyak gerakan apa saja, selain berolahraga. Bergerak membangun otot dan tulang, selain menguatkan jantung. Derasnya aliran darah menentukan apakah kekebalan tubuh bisa mencapai seluruh tubuh.

Sekarang ini sangat beragam jenis virus yang terbang di udara, terbawa dalam air limbah, atau dibawa oleh orang yang sedang sakit. Dalam hidup modern, polusi udara, air, dan tanah menambah buruk lingkungan biologis sehingga menambah subur populasi bibit penyakit. Ancaman bibit penyakit orang sekarang jauh lebih besar dibanding zaman nenek moyang dulu. Maka bila badan kurang tangguh, lebih besar kemungkinan terserang bibit penyakit.

Olah Raga tidak sama dengan melakukan aktivitas biasa, karena dalam olah raga terkandung unsure-unsur FIT yaitu Frekuensi, Intensitas dan Time. Olah raga juga mengandung unsure rekreasi yang memicu pengeluaran hormone endorphine yang dapat mengurani stress, sedangkan aktivitas fisik harian yang bukan olah raga tidak mengandung unsur-unsur tersebut.

(Meski Tinggal di Pesantren Juga Harus Tetap Berolah Raga )

  1. Minum minuman hangat dan hindari minuman dingin

Minuman dingin dapat membuat pembuluh darah di kerongkongan menyempit saat minuman tersebut diminum dan melewati kerongkongan, sehingga aliran darah di sekitar kerongkongan dan tenggorokan dapat terhambat.

  1. Menjaga Kebersihan Perorangan

Menjaga Kebersihan Perorangan dapat dilakukan dengan  mandi dua kali sehari, mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas dan  menjaga kebersihan  pakaian

  1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga Kebersihan lingkungan bermanfaat untuk membuat bibit-bibit penyakit tidak dapat berkembang dengan baik, sehingga mengurangi keterpaparan kita terhadap bibit penyakit. Apalagi bila musim hujan hendak tiba,  kegiatan menjaga kebersihan dengan 5 M harus dilakukan untuk mencegah mewabahnya penyakit Demam Berdarah.

Semoga Bermanfaat, Mohon Saran Dan Kritik untuk terus memperbaiki diri menjadi lebih baik!

oleh : Siti Nurunniyah, SST.M.Kes

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


2 + 1 =