MENJADI BIDAN ADALAH PEKERJAAN YANG SANGAT BAIK BAGI SEORANG MUSLIMAH

Share Button

download (6)komik-muslimah-293

Alhamdulillahirabbil alamin, sungguh sangat berbahagia dan patut dibanggakan menjadi orang yang berprofesi sebagai Bidan
Paling tidak ada alas an yang membuat kita seharusnya bangga menjadi seorang perawat atau memiliki istri seorang Bidan atau saudara seorang Bidan .
Kenapa ?
1. Memiliki nilai ibadah sebagi suatu bentuk Nahi Munkar, terutama dalam hal membatasi ikhtilath pasien perempuan yang mau melahirkan dengan petugas medis laki-laki, karena semua Bidan adalah perempuan
2. Bekerja dengan tangan sendiri
Sesuai dengan hadits nabi yang menyebutkan bahwa pekerjaan yang dilaksanakan dengan tangan sendiri merupakan pekerjaan yang baik
Dari Rafi’ bin Khadij RA, ia berkata : Pernah ditanyakan, “Ya Rasulullah, pekerjaan apa yang paling baik?” Beliau menjawab, “Pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri, dan setiap jual beli yang baik”.

3. Interaksi Pasien dan perawat sebagai lahan untuk berdakwah, baik dakwah bil khal, dakwah bil lisan, dakwah bil qolbi. Sebagaimana contoh :
Dakwah Bil Qolbi dapat dilakukan dengan tulus ikhlas membantu pasien dan mendo’akan
Dakwah Bil Lisan dapat dilakukan seperti mengajarkan kepada pasien tentang bagaimana cara sholat saat sakit, cara mandi wiladah, mandi suci dari nifas dan haidh, cara menghitung masa haidh dsb.
Dakwah bil khal dapat dilakukan dengan menunjukkan perilaku yang baik dihadapan pasien keluarga pasien, dan teman sejawat , seperti membaca bismillah sebelum melakukan tindakan dan hamdalah sesudah melakukan tindakan, tidak lupa sholat 5 waktu meskipun sedang jaga (kecuali dalam kondisi darurat)
4. Terbuka lebar kesempatan untuk menolong orang lain
Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari
“Siapa yang bisa membantu hajat saudaranya maka Allah senantiasa akan menolong dalam hajatnya.”
5. Selama kuliah maupun bekerja sangat jarang berinteraksi dengan lawan jenis, karena semua Bidan adalah Perempuan dan pasiennya pun perempuan (kecuali pasien bayi dan anak-anak)
6. Apabila tidak diizinkan bekerja diluar rumah oleh suami bisa membuka praktek dirumah
7. Apabila tidak diizinkan bekerja sama sekali, minimal ilmunya bisa dipakai untuk merawat anggota keluarga,dan anak-anak

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


2 + 3 =