Gender_differences_male_female

Mengatur Jenis Kelamin Anak Yang Akan Dilahirkan, BISAKAH ?

Share Button

Pengen banget punya anak laki-laki atau anak perempuan? Bisakah  disiasati biar jenis kelaminnya sesuai dengan keinginan ?

Secara teori ilmu kebidanan, jawabannya bisa, namun harus dilakukan sebelum kehamilan terjadi, kalau sudah positif hamil, maka jenis kelamin juga sudah pasti, meskipun mungkin belum bisa kita ketahui.

Benarkah jenis kelamin ditentukan oleh ibu ? bakat atau gen Ibu? Menurut ilmu kebidanan penentu jenis kelamin anak adalah gen dari bapak/ayah.

Kromosom ibu mengandung kromosom X, sedangkan kromosom ayah mengandung kromosom X dan kromosom Y, apabila kromosom dari ayah yang menempel pada kromosom ibu adalah kromosom X maka jenis kelamin anak menjadi perempuan (XX) dan apabila kromosom Y yang menempel maka jenis kelamin anak menjadi laki-laki (XY). Jadi gen/kromosom ayah lah yang menentukan jenis kelamin anak.

Sifat kromosom Y (laki-laki)

  • ukuran sperma lebih kecil
  • Daya hidup lemah/masa hidup singkat
  • bergerak lebih cepat (agresif)
  • lebih mudah hidup disuasana basa

Sifat Kromosom X (perempuan)

  • Ukuran sperma lebih besar
  • Daya hidup kuat
  • Gerakan lamban
  • Lebih mudah hidup dalam suasana asam

Ada beberap hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peluang mendapatkan bayi laki-laki

  1. Pada saat terjadinya ovulasi (masa subur) akan memberikan peluang lebih besar mendapatkan anak laki-laki, karena sperma Y cenderung lebih cepat dan cenderung mencapai sel telur lebih dulu. Disarankan berhubungan di saat terjadi ovulasi, peluang untuk menginginkan anak laki-laki. Sedangkan peluang untuk menginginkan anak perempuan waktu berhubungan dilakukan 3 hari atau lebih sebelum ovulasi
  2. Ph Lingkungan didaerah kewanitaan sangat berpengaruh dalam membantu jenis kelamin laki-laki, cairan orgasmic/ejakulat dari ibu setelah mencapai klimaks  yang bersifat basa akan sangat membantu mendapatkan bayi laki-laki. Secara alamiah daerah kewanitaan ber Ph asam, berubah menjadi basa salah satunya dengan adanya cairan orgasmic wanita. Lingkungan yang lebih asam cenderung menghasilkan anak perempuan (keadaan asam akan membunuh sperma Y).
  3. Posisi dan kedalaman penetrasi saat berhubungan. Semakin dangkal atau dekat dengan vagina umumnya akan menghasillkan perempuan dan yang lebih dalam akan menghasilkan anak laki-laki
  4. Jumlah sperma akan berpengaruh juga. Jumlah sperma yang lebih banyak akan meningkatkan peluang anak laki-laki, ada dua hal yang dilakukan :

Untuk anak laki-laki, pria sebaiknya lebih sering menggunakan celana longgar. atau sarung daripada celana ketat, Hal ini dikarenakan untuk meningkatkan kesuburan dimana testis memerlukan suhu yang lebih rendah agar sperma dapat bertahan hidup dan karena sperma Y daya hidup lebih lemah, maka dengan cara ini akan lebih terbantu dari pada sperma X tetapi tidak disarankan jika melakukan hal sebaliknya (pria memakai celana ketat).Untuk anak perempuan, pria sebaiknya mandi air hangat segera sebelum berhubungan intim. Dengan cara ini sperma X akan lebih berpeluang

oleh : Siti Nurunniyah, SST.M.Kes

One thought on “Mengatur Jenis Kelamin Anak Yang Akan Dilahirkan, BISAKAH ?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


8 + 9 =